Monday, August 11, 2014

Pusat Batik di Surabaya

Batik merupakan salah satu identitas negara Indonesia. Sempat di klaim oleh negara lain tak membuat produsen hingga konsumen batik berkurang, bahkan terus bertambah. Berbagai motif dengan nuansa yang lebih modern mulai perlahan muncul dan dilestarikan generasi-generasi muda. Di Surabaya sendiri, batik seringkali dijadikan bahan oleh-oleh bagi wisatawan. Berikut beberapa pusat batik di Surabaya yang bisa dijadikan referensi dan bisa dijangkau oleh jasa sewa mobil Surabaya;

Kampung Batik Lurink Tie Dye Kedung Rukem II

Batik produksi Lurink Tie Dye dibuat dengan cara yang unik. Yakni kain dasar berwarna putih diikat kedua ujungnya dan kemudian diwarnai. Hasil dari pewarnaan tersebut akan membentuk pola indah berbentuk bunga. Sebanyak 23 orang menjadi anggota Kampung Batik tersebut sejak didirikan dua tahun yang lalu. Dalam seminggu, produksi batik yang dihasilkan dapat mencapai 66 batik. Kampung batik ini tidak hanya membuka usahanya untuk membuat dan menjual kain dan baju batik, tetapi juga memperkenalkan batik secara luas kepada masyarakat. Selain itu juga membuka kesempatan bagi masyarakat yang memiliki keinginan untuk membuat batik.

Rumah Batik

Rumah Batik memiliki banyak keanekaragaman di tiap produk batiknya yang ditawarkan. Rumah Batik ini terletak di jalan Tambak Dukuh I No. 4 Surabaya, bisa diakses 20 menit dari pusat kota Surabaya dengan jasa rental mobil Surabaya. Rumah Batik ini buka pada hari Senin sampai Jumat pukul 08.00-20.00 WIB. Sedangkan hari Sabtu-Minggu mereka buka mulai pukul 08.00 – 19.00 WIB

Dalam Rumah Batik ini, terdapat beragam koleksi batik dari 16 kabupaten yang memiliki ragam dan corak tersendiri pada setiap daerahnya. 16 Kabupaten tersebut diantaranya adalah Batik Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan, Tuban, Pasuruan, Malang, Batu, Jombang, Kediri, Pacitan, Banyuwangi, Jember, Tulungagung.

Mirota Batik

Memasuki gedung empat lantai yang terletak di Jl. Sulawesi No 24, suasana tradisional cukup dominan. Didampingi oleh musik Jawa ringan, pengunjung dapat memilih aneka batik dan kerajinan tradisional dari dalam negeri maupun dari luar negeri yang berada di lantai dasar.

Sementara di lantai dua, ada aneka anyaman, tembikar, keramik, lukisan, dan barang antik. Di lantai tiga, pengunjung dapat memilih berbagai macam furniture (kayu jati) dari Pasuruan dengan harga murah. Selain itu terdapat pula seperti koin dan uang kertas. Salah satu fasilitas unik di Mirota adalah Bursa Toko Buku, semacam toko buku.

Dengan harga mulai ribuan rupiah sampai puluhan juta rupiah, Mirota berdiri untuk menyediakan berbagai kerajinan lainnya dari negara-negara Asia Tenggara. Lokasinya cukup berdekatan dengan berbagai pusat perbelanjaan lain seperti Grand City dan Delta Plaza, dengan sewa mobil Surabaya pelanggan bisa melanjutkan berbelanja ke tempat lainnya.

0 comments:

Post a Comment